Ayat pengasihan

Beratus ratus tahun beberapa umat muslim mengatakan, bahwa Al Quran surat Yusuf ayat 31 merupakan ayat pengasihan. Namun dari sebagian mereka belum memahami sebab turunnya ayat ini hingga dikatakan dengan ayat pengasihan. Oke, mari kita bedah penafsiran ayat ini dengan kaca mata orang yang ahli dan tentunya pada kacamata yang seimbang. Mengapa Surat Yusuf Ayat 31 menjadi ayat pengasihan, berikut ayatnya:

 

فَلَمَّا سَمِعَتْ بِمَكْرِهِنَّ أَرْسَلَتْ إِلَيْهِنَّ وَأَعْتَدَتْ لَهُنَّ مُتَّكَـًٔا وَءَاتَتْ كُلَّ وَٰحِدَةٍ مِّنْهُنَّ سِكِّينًا وَقَالَتِ ٱخْرُجْ عَلَيْهِنَّ ۖ فَلَمَّا رَأَيْنَهُۥٓ أَكْبَرْنَهُۥ وَقَطَّعْنَ أَيْدِيَهُنَّ وَقُلْنَ حَٰشَ لِلَّهِ مَا هَٰذَا بَشَرًا إِنْ هَٰذَآ إِلَّا مَلَكٌ كَرِيمٌ

Maka tatkala wanita itu (Zulaikha) mendengar cercaan mereka, diundangnyalah wanita-wanita itu dan disediakannya bagi mereka tempat duduk, dan diberikannya kepada masing-masing mereka sebuah pisau (untuk memotong jamuan), kemudian dia berkata (kepada Yusuf): “Keluarlah (nampakkanlah dirimu) kepada mereka”. Maka tatkala wanita-wanita itu melihatnya, mereka kagum kepada (keelokan rupa)nya, dan mereka melukai (jari) tangannya dan berkata: “Maha sempurna Allah, ini bukanlah manusia. Sesungguhnya ini tidak lain hanyalah malaikat yang mulia”. (QS. Yusuf 31)

Tafsir Surat al-Yusuf Ayat 31

Penafsiran ini kami ambil dari seorang mufassir tentunya, bukan asal menyimpulkan. Bahwa dalam kitab tafsir Jalalain karya Jalaluddin as-Suyuti memaparkan ayat tersebut menceritakan tentang kisah Nabi Yusuf ketika bertemu dengan Siti Zulaikha.

Tatkala Zulaikha sedang mempersiapkan makanan untuk para tamunya, kemudian saat dia mengupas buah yang ada ditangannya. Tiba-tiba Yusuf a.s datang di tengah mereka (tamu). Maka tatkala wanita-wanita itu melihatnya, mereka merasa kagum terhadapnya) kepada ketampanan dan keelokan rupanya.

batu combong

Hingga mereka tidak sadar, bahwa mereka telah melukai tangannya dengan pisau-pisau yang mereka pegang. Tanpa mereka sadari dan tanpa merasa sakit karena kekaguman mereka terhadap ketampanan Yusuf.

Surat Yusuf Merupakan Ayat Pengasihan

Setelah memahami munculnya ayat tersebut adalah karena adanya kisah nabi Yusuf yang dianggap dapat memukau wanita yang menjumpainya. Lantaran ketampanannya. Dan perlu anda ketahui, Alquran itu memiliki sifat mistik, percaya atau tidak itu memang benar adanya. Semua itu tergantung keyakinan anda, jadi jika anda meyakini surat yusuf memiliki esensi sebagai ayat pengasihan. Kemudian anda mengamalakannya dengan rutin, maka sang maha Kuasa akan memberi petunjuk jalan menuju hajat anda. Contoh harapan anda untuk bisa meminang wanita pujaan anda, akan terkabul.

Bayangkan saja nih misalnya, surat al-Waqiah yang dipercaya sebagai surat mempermudah rejeki. Padahal makna arti tidak mengandung makna rejeki. Jadi benar adanya bahwa mukjizat Alquran juga memiliki sifat mistik.


Artikel terkait:


Membaca Surat Yusuf, Mempermudah Sakaratul Maut

Tambahannya lagi ialah perkataan Nabi yang seperti ini, Dari Ka’b bahwa rasul Saw. berkata Ajarilah budak-budak kalian surah Yusuf, karena sesungguhnya seorang muslim yang membacanya atau mengajarkannya kepada keluarga atau budaknya maka Allah Swt. akan memudahkan sakartul maut baginya dan Dia memberinya kekuatan untuk tidak hasud kepada orang muslim lainya”.


Ada yang Ingin Anda Tanyakan? Konsultasikan Permasalahan Anda Dengan Mbah Nasir :

Atau Hubungi Admin Nadia Untuk Mendapatkan Azimat yang Anda Inginkan :