Tips Menghindari Pertengkaran Yang Berujung Perceraian Dalam Rumah Tangga

Assalamualaikum wr wb. Salam sejahtera untuk kita semua.

Saya ingin menyampaikan kalau sampai saat ini masih banyak sekali permasalahan mengenai kehidupan asmara. Terlebih mengenai keinginan supaya bisa balikan lagi sama mantan pasangan. Entah itu mantan pacar, mantan suami atau mantan istri.

Kalau hal seperti sudah terlanjur terjadi, yang ada mungkin hanya sebuah penyesalan saat ini. Dan sebuah keinginan yang menggebu-gebu ingin memperbaiki kembali hubungan yang dulu.

Memang baik, dan menurut saya sangat baik ketika kita mau berusaha memperbaiki kembali hubungan yang pernah rusak dahulu.

Namun pertanyaannya saat ini adalah “Bukankah lebih baik mencegah, daripada mengobati”.

Nah, berbicara mengenai suatu hubungan. Pesan saya, jagalah baik-baik pasangan Anda saat ini. Karena mencari pendamping hidup itu tidak semudah mencari karyawan. Yang mana ketika Anda membuka lowongan, kemudian banyak orang yang berbondong-bondong datang melamar. Tidak seperti itu.

Nah, cara terbaik kita untuk menjaga kelanggengan hubungan kita adalah dengan cara menghindari hal yang bisa merusak suatu hubungan.

Apakah ada tips dari mbah nasir supaya hubungan kita tetap langgeng? Ada.

Cara Supaya Rumah Tangga Langgeng Dan Menghindari Pertengkaran

1. Teruslah untuk mau saling mendengarkan satu sama lain.

Saya selalu mengatakan pada anggota management saya sendiri seperti ini “Jangan pernah mengharapkan diri kamu untuk selalu dihargai. Karena kamu itu tidak memiliki hak untuk dihargai”.

Artinya begini, sebelum kita meminta orang lain untuk menghargai diri kita. Terlebih dahulu ubahlah diri kita untuk menghargai orang lain. Karena penghargaan dari orang lain untuk kita itu nanti muncul secara otomatis ketika kita menghargai mereka.

Terlebih lagi ini kepada pasangan kita sendiri. Saling mendengarkan satu sama lain adalah senjata awal supaya komunikasi tetap terjalin dengan baik.

2. Ungkapkanlah apa yang ingin Anda ungkap tentang pasangan Anda. Jangan ragu untuk mengungkapkan.

batu combong

Jika apa yang Anda ungkapkan ini adalah suatu masukan atas kekurangan yang pasangan Anda miliki, maka ungkapkanlah dengan baik2. Tapi kalau suatu sanjungan kebaikan dari pasangan Anda. Maka lakukanlah dengan penuh kasih sayang.

Intinya baik buruknya pasangan Anda, utarakanlah semuanya. Begitu pula dari pasangan Anda, ajaklah dia untuk saling mengungkapkan apa yang dirasakannya. Entah itu baik atau buruknya diri kita sendiri.

3. Evaluasi diri atau intropeksi diri sendiri.

Yaa saya yakin Anda semua sudah paham mengenai hal ini. Tujuannya adalah untuk kebaikan Anda sendiri. Selain itu, dengan kita mengevaluasi diri kita sendiri, tujuannya supaya kita tidak terus-terusan menyalahkan pasangan kita.

4. Luangkanlah waktu untuk sendiri kalau memang dibutuhkan.

Misalnya ketika Anda ada masalah dengan keluarga, atau memang sedang ada sedikit miss komunikasi dengan pasangan Anda. Kalau memang Anda butuh waktu menyendiri untuk menenangkan diri, saran saya lakukanlah. Namun jangan sampai Anda keluar dari lingkungan hubungan Anda. Anda boleh menyendiri di dalam kamar, tapi jangan sampai keluar rumah untuk menyendiri se enaknya diri Anda. Setidaknya Anda masih menghargai keberadaan pasangan Anda. Supaya Anda benar-benar fokus menenangkan diri Anda, bukan lari dari masalah.

5. Belajarlah untuk saling memaafkan dan melupakan.

Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan. Termasuk diri kita sendiri. Maka dari itu, ketika pasangan kita melakukan kesalahan, maka belajarlah memaafkan. Dan lupakan masalah yang sudah kita maafkan tersebut.

Semoga dengan ini kita mampu menjadi orang yang lebih bijaksana lagi dalam menjalin hubungan. Dan semoga kita semua di hindarkan dari permasalahan hubungan yang bisa merusak hubungan. Aamiin.

Nah, mungkin itu yang bisa saya sampaikan kali ini. Semoga bermanfaat. Jika ada yang ingin Anda tanyakan, silahkan tinggalkan komentar pada video ini atau hubungi kontak yang ada pada deskripsi video ini.

Salam sejahtera untuk kita semua. Wassalamualaikum wr wb.


Ada yang Ingin Anda Tanyakan? Konsultasikan Permasalahan Anda Dengan Mbah Nasir :

Atau Hubungi Admin Nadia Untuk Mendapatkan Azimat yang Anda Inginkan :